Kamar Tidur 3×3 di Indonesia Itu..

Kamar Tidur 3×3 di Indonesia Itu..

“Suka heran sama di Indonesia, masak kamar tidur di Indonesia ukurannya 3×3 m?? Nggak manusiawi itu. Kecil banget.” Kata mas Reza, temen baruku yang baru saja kenalan berkenalan – dia adalah teman suamiku yang sudah kerja di Singapura hampir 10 tahun sebagai arsitek disana.

“Eh, emang kenapa mas?” Kataku kaget.

“Kamar tidur 3×3 itu kecilll banget. Idealnya hanya untuk ukurannya kasur double bed tanpa lemari.”

Hmm, iya juga sih. Tapi diriku yang awam dunia arsi ini udah ketancepan stigma kalo kamar itu standarnya 3×3 (minimal di internet, hehehe).

“Apalagi kamar ukurannya 2,5 x 2,5.. lebih parah, ckckck,” lanjutnya.

“Hahaha..” kataku.

Karena obrolan tadi, barulah ku mulai ngeh, kenapa di IKEA tadi semua desain rumah tipe 36-nya hanya punya kamar 1. Sedangkan, di Indonesia rumah tipe 36 biasa dijadikan 2 kamar :p

Gpp lah, secara kami penduduk Indonesia adalah penganut azas efisien dalam pembagian ruang dalam rumah, hehehe.

Dan lagi,

“Kamu kalo beli wastafel jangan yang 15 cm ya, karena kurang dalam. Itu memang murah, tapi buat nyuci piring nanti nyiprat-nyiprat. Mending beli yang 20 atau 25 cm aja, itu sudah cukup untuk nyuci peralatan masak dan istilahnya cukup untuk nyuci 1 baju,” katanya.

Yeah, enak juga berteman dengan arsitek..

 

Pic cover: insinyurbangunan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.