Terdampar di Bandara KLIA2 Bersama Budak Kecik

Terdampar di Bandara KLIA2 Bersama Budak Kecik

Gara-gara missed flight dan gabut, jadilah satu artikel ini dilahirkan. Hahaha.

Semalam tadi akhirnya kami sekeluarga change plan, karena sempat ketinggalan pesawat Air Asia dari Kuala Lumpur ke Jakarta. Nyesel nggak? Nggak usah ditanya lagi, periiiiih hati ini bang.

Kalo diceritain panjang banget penyebabnya, apalagi yang missed flight hari ini sampe 20 orang. Jadi, yewde leh saya terima konsekuensinya aja -___-

Karena ketinggalan pesawat, akhirnya kami harus pesan tiket baru. Dapatlah tiket barunya hari ini (ketika artikel ini ditulis, red.). Trus, mau ngapain kita semalaman? Mau keluar KLIA2, trauma males ngejar-ngejar jadwal flight. Jadi yasudah lah ya, kami akhirnya memutuskan menginap di bandara. Alhamdulillah Tikanya sehat dan ceria..

Time to explore the airport!

Setelah muter-muter airport, ternyata ada banyak fasilitas yang disediakan pihak bandara KLIA2 lho.

1. Tidur gratis berkarpet di KLIA2

Letaknya ada di atas tulisan Pelepasan Antarabangsa (Keberangkatan Keluar Negeri). Naik eskalator ke atas, kemudian bisa belok kanan/Kiri. Kemudian, disitu akan ada kursi-kursi pijat berkarpet. Di malam hari, lumayan banyak backpackers yang bobok disini (termasuk kami, hehehe). Selain lantainya hangat, udara dari AC-nya nggak terlalu dingin. Paling dingin waktu subuh, brrrr.

Catatan: di KLIA2 kalo malam dingin banget AC-nya euy. Kalo memang berniat nginep, lebih baik bawa jaket atau kaos kaki.

2. Mandi shower gratis di KLIA2

Mandi shower gratis ada d KLIA2, letaknya dari Pelepasan Antarabangsa ke kiri, ada di samping KK Mart, dekat dengan Pelepasan Dalam Negeri. Showernya hanya air dingin, tapi cukup banget untuk menyegarkan badan.

3. Transportasi ke KLIA1

Karena flight pengganti kami tempatnya di KLIA1, maka kami juga mencari transportasi yang tepat kesana. Ada 2 moda transportasi umum, yaitu kereta dan shuttle bus. Untuk kereta, penumpang membayar 2 ringgit, sedangkan untuk shuttle bus free (lumayan ya, hehehe). Preferensi tergantung masing-masing ya, kalau waktunya mepet banget untuk pindah, lebih baik pakai kereta.

4. Air gratis di KLIA2

Mencari air gratis sebenarnya mudah, di setiap “kompleks” toilet biasanya sudah include musholla dan ruang ibu anak. Di ruang ibu anak ini ada mesin air gratis, bisa air panas dan dingin. Ruang ibu anak ini kalo nggak dipake akan dibuka pintunya, dan beberapa karyawan banyak kedapatan ambil disini (paling tidak begitu pengamatan says kemarin).

Kalo mau mesin air minum tapi sungkan ke ruang ibu dan anak, ada juga mesin air minum di dekat pintu Kedatangan Antarabangsa, di bagian kamar mandi sebelah kiri.

5. Tempat makan murah

Tempat makan di KLIA harganya lumayan merogoh kocek. Pernah sekali waktu karena Tika kepepet laper, akhirnya beli seporsi nasi putih dan separuh telur asin harganya 7 RM (kurleb 25ribu rupiah). Nangissss rasanya hahaha..

Tempat makan yang murah meriah ada kok, dengan porsi dan harga seperti di KL. Namanya NZ Curry. Lokasinya masih di dalam bandara, tapi di lantai bawah (pemberangkatan bus), paling pojok. Awalnya pas browsing di grup backpacker saya ngiranya tempatnya kecil, ternyata lumayan gede kantinnya. Dan memang banyak karyawan airport yang jujugannya kesini karena murah.

Bagi yang tidak suka curry, jangan khawatir. Di NZ Curry ini jualannya macem-macem kok, mulai dari nasi goreng (macemnya lumayan banyak), roti-roti India, roti canai, nasi lemak, mie, nasi ayam, dll. Harga per porsi mulai dari 5 RM. Seporsi nasi goreng dan telur, misalnya, harganya 8 RM. Mie rebus (namanya Maggie sup), harganya 5 RM.

6. Fasilitas lainnya

Nggak fair ya kalo mbahas yang gratis-gratis, tapi nggak bahas yang berbayar. Fasilitas KLIA2 yang include mall juga sangat lumayan sebagai pencuci mata. Jika beruntung, beberapa toko memberikan diskon untuk produk tertentu. Saat artikel ini dibuat, sedang ada diskonan di The Bodyshop untuk turis dengan harga sangat lumayan. Kalo mau beli oleh-oleh, ada juga toko terkenal seperti Beryl’s yang bisa menjadi pilihan.

Nah, kira-kira begitu yah. Semoga membantu bagi yang ingin menginap di KLIA2.

Selamat berpetualang, ya.

 

Pic cover source: suryahardhiyana.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.