Renovasi Rumah: 75% Done (Part 2)

Renovasi Rumah: 75% Done (Part 2)

Yey, sebentar lagi rumah selesai dibangun! Pengerjaan rumah kami sudah selesai 75% dan estimasinya akan selesai akhir Maret (dalam kurun waktu 2,5 bulan). Lama banget ya bikinnya, udah kayak bikin rumah baru.

Seperti yang sudah diprediksikan Pakde, pengerjaan rumah di atas kertas sangat berbeda dengan di lapangan. Beberapa hal yang kami planningkan ternyata nggak bisa dilakukan di lapangan, sehingga terpaksanya desain agak sedikit diubah. Terlebih karena budget, rancangan desain awal yang sudah kubuat (terutama rumah tampak depan) terpaksa ‘disunat’ habis untuk menekan budget agar lebih murmer.

Yaaaa, gagal bikin rumah cantique kayak di Instagram, hehehe.

Seperti halnya renovasi rumah pada umumnya, kita selalu menemukan hal-hal yang di luar ekspektasi (karena kami tidak terlalu tahu proses pembangunannya, dan sangat awam). Misalnya, pipa yang harusnya miring ke depan (aliran buangan air sebenernya ke depan) malah miring ke dapur. Akibatnya, kami harus membobok keramik dan mengganti pipa lagi. Atau, tembok kamar mandi yang benar-benar nggak ada tulangannya. Bisa dibayangin nggak, kalo naruh tower air di atas kamar mandi, yakin bisa kuat menampung air 1000 kg nggak?

Yang paling parah, ternyata rumah kami posisinya sama dengan jalan (yang belum dipaving). Disinilah kami benar-benar butuh masukan yang bagus (dan lagi, kami berterima kasih pada Pakde dan bapak tukang yang lain). Kira-kira beginilah progress rumah kami sekarang.

pengalaman-renovasi-rumah-subsidi

pengalaman-renovasi-rumah-subsidi-2

pengalaman-renovasi-rumah-subsidi
Calon tangga. Tembok yang di bawah ini kamar mandi lama dan harus dibongkar ulang (karena nggak ada tulangannya).

Btw, di rumah ini kami mengedak bagian belakang, mengingat belakang rumah sangat kecil dan kami kurang suka jika pakaian dijemur di depan rumah. Lantai atas rencananya untuk jemuran terbuka, sedangkan di tangga bagian atas kami berencana menaruh tempat hanger mini untuk menaruh jemuran saat hujan (jemuran tertutup).

Semoga cepat selesai ya, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *