Mengurus Surat Kesehatan Jasmani Rohani dan Bebas Narkoba di RSJ Kurungan Nyawa Lampung

Mengurus Surat Kesehatan Jasmani Rohani dan Bebas Narkoba di RSJ Kurungan Nyawa Lampung

Makin mendekati pengumuman CPNS dan PPPK seperti akhir tahun ini, semakin banyak pula yang cari tempat untuk bisa mengurus surat kesehatan jasmani dan rohani plus surat bebas NAPZA di rumah sakit terdekat.

Kalau di Lampung, khususnya daerah Bandar Lampung dan sekitarnya, Rumah Sakit Jiwa Kurungan Nyawa yang merupakan RS Provinsi ini bisa menjadi referensi kawan-kawan untuk mendapatkan tiga surat sakti ini (surat kesehatan jasmani, rohani, dan bebas narkoba). RS ini juga sudah jadi langganan bagi banyak peserta CPNS di Lampung.

Nah, kebetulan saya punya dua pengalaman mengurus surat-surat itu di RS Kurungan Nyawa, tepatnya di bulan Desember 2021 dan di tahun 2017. Jadi bisa dianggap masih fresh banget ya. Langsung bahas tips-tips nya aja ya ketika datang kesana.

#1: Datang Pagi

Untuk mengurus 3 jenis surat (surat keterangan jasmani, rohani, dan narkoba), otomatis kita harus pergi ke 3 tempat yang berbeda. Kenapa harus datang pagi? Karena berdasarkan pengalaman, nyelesaiin ketiga hal tersebut paling cepet kelar jam 11 siang, dan UMUMNYA kelar semua setelah jam makan siang.

Trus kalo udah selesai dan ambilnya masih lama banget, harus ngapain? Kita boleh menunggu hasil di dalam RS maupun keluar RS , asal perhatikan jadwal layanan masing-masing poli. Di bulan Desember, saya sempat zonk gara-gara nunggu hasil surat di luar RS dan balik jam setengah 2 (dengan asumsi di kepala bahwa layanan tutup sore), sedangkan baru tahu bahwa jam 12 layanan tersebut sudah tutup.

Sedih banget rasanya, rumah jauh banget dari RS dan harus bolak-balik hanya untuk ambil ‘kertas’.

Berikut adalah jadwal per poliklinik RSJ Kurungan Nyawa Prov Lampung. Bener-bener disimak ya, karena poli tersebut buka di jam-jam tertentu, enggak seharian.

#2: Kalo Bisa, Jangan Datang Hari Jumat

Coba lihat lagi jadwal yang di atas, khususnya di hari Jumat. Kecuali bener-bener urgent, sebaiknya kita tidak datang di hari Jumat. Kenapa? Karena jadwal bukanya muepeeet pemirsa. Usahakan datang pagi karena beberapa tes cuma membuka layanan selama 1 jam, misalnya tes rohani.

#3: Barang yang Wajib Dibawa

Ada barang yang wajib dibawa jika ingin mengurus tiga surat ini, yaitu 5 (lima) lembar copy KTP dan satu bolpoin. Nantinya, di meja registrasi kita akan diberikan form pasien yang harus diisi. Bolpoin akan dipakai saat tes rohani, walaupun lembar kerjanya kayak LJK ujian nasional hehehe.

Kalau mau lebih prepare lagi, bisa bawa alas ujian. Tapi di saya nggak kepake sih, karena mejanya udah mumpuni banget untuk tes.

Suasana rumah sakit disana, dah umum lah ya seperti rumah sakit daerah pada umumnya, hehehe.

#3: Datang dalam Kondisi Fit

Kondisi fit cukup mempengaruhi performa saat mengerjakan soal MMPI dalam tes rohani. Di dalam soal MMPI ini kita diminta menjawab 550-an pertanyaan yang diulang-ulang.

Pas masuk pintu ruang psikologi dan menyerahkan kertas registrasi, kamu akan langsung disodori buku soal dan lembar jawaban untuk dikerjakan. Jadi disini tipsnya adalah makan dulu dan pastikan kondisi fit dulu sebelum masuk ke ruang psikologi.

#4: Nyiapin Dana Berapa?

Per Desember 2021, total biaya yang diperlukan untuk pengurusan tiga jenis tes ini adalah Rp 590.000,00. Yang bikin agak mahal tentu saja adalah biaya tes rohani dan narkoba (lihat gambar). Biaya tes ini akan diminta di awal setelah registrasi.

Biaya lengkap, niiih…

Overall, setiap kunjungan saya selalu mendapat pelayanan yang baik dari petugas medis. Hanya saja, keluaran surat yang cukup lama rasa-rasanya bisa menjadi evaluasi di RS tersebut, untuk meningkatkan layanan. Selama dua kali kesana, setelah selesai seluruh tes pada pukul 10.30, saya selalu diminta untuk menunggu surat selesai setelah makan siang. Lha kok lama banget jadinya, kan cuma ngetik doang? Jawaban petugasnya adalah yang bikin lama itu karena mereka menunggu tandatangan dokter penanggungjawab untuk tiga surat tersebut. Ketiganya ditandatangani dokter yang sama. Ehehehe, masih berharap disana sudah menerapkan digitalisasi, ttd kan sebenarnya bisa pakai QR code. Belum lagi jam layanannya yang cukup singkat, mudah-mudahan RSJ Provinsi ini bisa lebih berbenah menjadi yang terbaik kelak. Aamiin

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.