Atraktif Bersama Mahasiswa dengan Kahoot! Games

Atraktif Bersama Mahasiswa dengan Kahoot! Games

“Eh, ada ide main baru!” begitu keriangan saya ketika Kegiatan Pengenalan Sistem Informasi Ilmiah IPTEK Nuklir hasil kerjasama BATAN dengan ITERA dimulai. Dalam sesi akhir itu – sebelum makan siang – saya terkagum-kagum dengan pembawa acara yang memandu peserta dengan gemas, sekaligus ruangan yang riuh karena sorak sorai peserta.

Seringkali kita menemukan ide-ide menarik di tempat yang tidak terduga. Dan kali ini adalah ide baru yang benar-benar cemerlang.

Adalah Kahoot! Games, sebuah aplikasi permainan sederhana yang sedang saya bicarakan. It’s simple, authentic, yet fun, sangat cocok untuk memecah keseriusan mahasiswa yang sedang pusing mencerna materi kuliah.

Halaman muka Kahoot! jika Anda ingin membuat game

Sebagai developer games, Kahoot! nampaknya dapat menjawab tantangan bagaimana menyediakan games bagi guru yang kebingungan memberi hiburan yang edukatif untuk siswanya. Sebagai teacher (begitu Kahoot! menyebutnya), Anda dapat membuat kuis sederhana dengan beberapa pertanyaan, yang masing-masing dilengkapi 4 pilihan jawaban. Jika Anda ingin membuat games, maka Anda tinggal Sign Up ke http://kahoot.com dan membuat topik baru dan menyusun pertanyaan. Disana, akan ada Game PIN khusus yang merupakan kunci masuk bagi yang ingin mengikuti games tersebut.

Lalu, bagaimana dengan mahasiswa?

Halaman muka di kahoot.it untuk students yang ingin masuk games

Cara mainnya sangat simple, asalkan ada (1) smartphone, (2) koneksi internet, (3) laptop, dan (3) LCD untuk teacher. Mahasiswa dapat masuk ke browser, lalu menuju ke laman http://kahoot.it, lalu mengetik game PIN. Setelah enter username, maka mahasiswa dapat langsung menjawab pertanyaan, dengan layar pertanyaan di layar teacher (yang harus sinkron dengan LCD) dan opsi jawaban berupa logo di smartphone mahasiswa.

Ini kira-kira ilustrasinya. Pertanyaan terpampang di LCD, lalu mahasiswa tinggal menjawab via smartphone.

Penilaiannya pun unik. Selain harus menjawab dengan tepat, kecepatan mahasiswa juga dinilai dan hasilnya sudah terolah menjadi skor. Of course, di akhir topik juga akan ada pemenangnya. Menarik bukan?

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.